Nama-Nama Bola Piala Dunia


Nama-Nama Bola Piala Dunia | Satu bagian yang penting dalam sepak bola adalah bola itu sendiri. Pada turnamen-turnamen penting, bola menjadi bagian yang sangat di perhatikan, setiap tahun terdapat inovasi terhadap bola yang di gunakan. Berikut nama-nama bola yang digunakan dalam turnamen Piala Dunia 

TIENTO

Kejuaraan dunia sepak bola pertama kali diadakan tahun 1930 di uruguay, Amerika Selatan. saat itu FIFA belum menentukan standar bola untuk kejuaraan resmi ini. bola yang digunakan bola buatan Uruguay. bola ini diberi nama Tiento. Ternyata tidak semua tim cocok memakai bola ini. sejak itu FIFA menyadari pentingnya standarisasi bola.

TELSTAR

Perusahaan peralatan olahraga Adidas yang memberanikan diri membuat standarisasi bola. FIFA pun menyetujuinya usulan tesebut. bolanya terbuat dari kulit dengan ora hitam-putih. warna hitam bersegi 6. namanya, telstar, yang artinya television star. soalnya, kejuaraan sepakbola 1970 di meksiko ini ditonton ratusan juta penonton televisi di seluruh dunia.

TANGO ESPANA

Spanyol menjadi tuan rumah piala dunia sepak bola 1982. untuk pertama kalinya bola dibuat dari kulit dan bahan karet, sehingga tahan air. bola ini digemari oleh kiper karena tidak berat saat basah terkena air.

AZTECA

Nama Azteca diberikan FIFA sebagai kehormatan terhadap bangsa Aztec di meksiko. Negara ini menjadi tuan rumah kejuaraan sepakbola tahun 1986. Azteca tidak lagi memakai kulit, tapi polyurethane (sejenis bahan sintesis). bola ini sangat bagus pantulannya, tahan air, dan dijahit dengan tangan.

ETRYSCO UNICO

Italia mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah kejuaraan sepakbola tahun 1990. bola yang dipakai bernama Etrysco unico. bola ini terbuat dari bahan sintesis polyurethane dijahit dengan benang khusus, di buat di pabrik, tahan air, tidak mudah sobek, dan mempunyai panulan yang bagus.

TRICOLORE

Nama ini dipakai untuk menghormati Prancis. yang menjadi tuan rumah piala dunia 1998. negara ini mempunyai bendera tiga warna (Tricolore), biru, putih, merah. Tricolore adalah bola pertama yang punya 3 warna.

FEVERNOVA

ketika final piala dunia dilangsungkan di korea selatandan jepang tahun 2002. FIFA mengeluarkan bola baru bernama Fevernova. walaupun bahannya terbuat dari bahan sintesis tapi ada 11 lapisan yang menyelimuti bola ini.bola ini jadi mudah diarahan, cepat bergulir, tahan air, dan tidak mudah sobek.
bola ini sangat disukai spesialis tendangan bebas seperti David Beckham, Roberto Carlos, Zinedine Zidane dan Ronaldinho. Bola ini mudah diarahan dan bisa mencapai kecepatan 120 kilometer per jam. bagi kiper bola ini sulit ditangkap.

TEAMGEIST

kejuaraan dunia sepakbola 2006 diselenggarakan di Jerman. FIFA menetapkan bola yang dipakai adalah Teamgeist (team spirit atau semangat team) Teamgeist dirancang oleh Pak Scot Tomlisson (Inggris) dan Pak Anatol Just (Jerman). bola ini warnanya seperti emas, mudah diarahkan oleh penendangnya, dan tahan segala peubahan cuaca.

JABULANI

Kata Jabulani berasal dari bahasa Afrika yang bisa diartikan sebagai "merayakan" atau "membawa kebahagiaan". Sesuai lokasi digelarnya turnamen, unsur Afrika memang terlihat jelas pada bola tersebut.

Diberitakan TheSun, bola tersebut juga memuat beberapa unzur Afrika yang bisa dilihat pada coraknya. Perusahaan aparel Adidas masih menjadi partner FIFA dalam penyediaan bola untuk ternamen sepakbola terkabar di muka bumi tersebut.

Adidas mengklaim kalau bola barunya itu telah mengalami pengembangan dalam hal "daya cengkram dan alur" bola. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat si kulit bundar "lebih stabil saat melayang di udara dan tetap memiliki daya cengkram yang sempurna dalam berbagai kondisi".

Perusahaan asal Jerman itu juga menyebut kalau Jabulani adalah bola paling bulat yang pernah dibuat. Bola tersebut menyatukan delapan panel yang dijahit menjadi satu.

Kalo suka, jangan lupa tinggalkan komentar dan dishare ya :)

No comments:

Post a Comment

Arsip